PENATA RAMBUT

#

Cara Merawat Rambut yang benar

Banyak sekali orang salah kaprah tentang cara merawat rambut yang benar, banyak dari mereka yang melakukan perawatan rambut ketika rambut rusak dan sudah mulai kering. Tentunya hal tersebut akan membutuhkan tenaga dan biaya ekstra untuk mengembalikan rambut ke dalam kondisi terbaiknya. Beda halnya jika kita melakukan perawatan rambut sebelum masalah-masalah rambut datang, pastinya semua menjadi lebih mudah.

Cara merawat rambut yang benar agar kembali sehat

cara merawat rambut
Ilustrasi : merawat rambut

Banyak sekali cara merawat rambut secara alami, namun apakah anda benar-benar membaca detail dari cara tersebut? apakah anda sudah benar dalam penerapannya?. Perlu kita pahami, umumnya orang-orang (di internet) hanya membagikan cara merawat rambut ketika sudah terjadi masalah pada rambut, contohnya cara merawat rambut rontok, cara merawat rambut rusak, cara merawat rambut kering dan mengembang dan masih banyak lagi yang lainnya. Cara itu semua mempunyai tingkat keberhasilan tidak lebih dari 75%, lain halnya ketika anda melakukan perawatan rambut rutin setiap hari yang dapat meningkatkan keberhasilan perawatan rambut menjadi 95%. Langsung saja ya, berikut cara merawat rambut yang dapat anda lakukan setiap hari!

1. Cuci Rambut dengan benar

Cuci (keramas) rambut dengan benar, terlalu sering keramas dapat menghilangkan kandungan minyak pada rambut dan hal tersebut akan membuat rambut anda kering. Setidaknya cuci rambut seminggu sekali atau dua kali.

Cobalah produk rambut (shampoo) yang tidak mengandung sulfat (sulfate). Sulfat sendiri adalah sejenis bahan kimia yang dapat menimbulkan busa, diketahui juga bahan ini dapat mengakibatkan iritasi jika terkena mata atau kulit, selain itu jika digunakan dalam skala besar dapat berubah menjadi racun dan menumbuhkan sel kanker. Bacalah di belakang bagian shampoo anda pada bagian ingredients, disana terdapat bahan-bahan yang digunakan untuk membuat shampoo tersebut.

Loading...

baca juga : Masker alami rambut

2. Gunakan conditioner setiap habis keramas

Penggunaan shampoo akan menghilangkan zat-zat dan protein yang terdapat pada rambut, tugas conditioner disini adalah mempertahankan zat-zat yang hilang tersebut. Gunakan conditioner dengan memijat ringan kulit kepala agar benar-benar terserap oleh akar rambut.

baca juga : cara merawat rambut smoothing

3. Biarkan rambut kering natural

Setelah selesai mandi gunakan handuk yang bagus untuk menyerap air yang ada di sela-sela rambut. Hindari pemakaian handuk kasar agar rambut tidak menjadi kusut, kami sarankan gunakan handuk bayi. Jangan pula gunakan hair dryer, karena rambut sangat menolak dengan sesuatu yang panas, namun jika anda masih bersikeras untuk menggunakannya usahakan untuk menyetelnya pada kondisi temperatur minimum dan lakukan hanya sekali dalam seminggu.

baca juga : cara merawat rambut kering dan rusak

4. Gunakan sisir yang benar

Mengapa kami tuliskan yang benar? karena banyak sekali yang salah dalam hal ini. pertama, jangan terlalu sering menyisir rambut karena hal tersebut akan membuat rambut patah-patah. Kedua, gunakan sisir bergigi jarang. ketiga, potong ujung rambut (bercabang,patah) secara berkala, caranya adalah pisahkan rambut yang rusak (patah,bercabang) ambil dan potong kurang lebih 0,6 cm diatas bagian rambut tersebut.

baca juga : cara merawat rambut berketombe

5. Terapkan pola hidup sehat

Jika anda sudah benar dan melakukan perawatan rambut sesuai hal di atas namun masih mempunyai masalah rambut hal terakhir yang perlu anda sorot adalah pola hidup. Sama halnya dengan kulit, rambut juga mendapatkan protein dari apa yang masuk dalam tubuh kita. Jaga pola makan anda pastikan anda mendapat pasokan vitamin C. Vitamin ini dapat menguatkan rambut, tambah juga dengan makanan yang mengandung zat besi, zinc dan omega 3.

Bagaimana? mudah bukan, jika anda rutin melakukan cara merawat rambut yang benar tentunya masalah-masalah rambut akan pergi dan tidak pernah menghampiri lagi. Ingat ya, Jagalah mahkota kita satu-satunya, karena jika sudah rontok dan botak pasti anda akan sangat menyesal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *