PENATA RAMBUT

#

Tips Cara Merawat Rambut Secara Alami

Cara-cara merawat rambut secara alami. Apakah anda tidak mendapat hasil yang maksimal dengan berbagai macam perawatan rambut? Anda sering berganti Shampoo untuk mendapatkan rambut yang indah maksimal? Jika memang demikian mungkin anda perlu mencoba merawat rambut secara alami. Terkadang rambut kita memang terlalu sensitif terhadap pemakaian obat-obatan kimia yang sekarang banyak dijumpai pada produk perawatan rambut, bukannya mendapatkan hasil yang maksimal justru rambut malah akan menjadi rusak. Mungkin kulit kepala kita terlalu peka. Cobalah untuk menggunakan cara alami untuk merawat rambut. Cara-cara mendasar ini mungkin telah anda lupakan sehingga membuat rambut tidak sehat.

Tips cara merawat rambut secara alami
Image:Pinterest.com

Baca Juga : Cara merawat Rambut keriting yang kusut

loading...

Tips cara merawat rambut secara alami :

  1. Gunakanlah Telur : Telur adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk melembabkan kulit. Selain itu telur juga bahan alami yang bisa digunakan untuk melembabkan rambut. Bagi anda yang memiliki rambut kering dan rapuh bisa menggunakan bagian putih telur. Putih telur bisa digunakan sebagai masker rambut. caranya adalah ; Gunakan setengah cangkir putih telur (hanya putih telur). Bersihkan rambut terlebih dahulu kemudian oleskan pada rambut. Usahakan penggunaan putih telur merata dari akar rambut hingga ujung rambut. Diamkan selama kurang lebih 20 menit kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih.
  2. Gunakanlah labu botol (blonceng) : Labu botol (blonceng) bisa diperoleh di pasar-pasar tradisional. Caranya adalah ; Giling labu botol hingga halus. Basahi rambut anda hingga merata, kemudian oleskan labu botol secara menyeluruh pada rambut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah meresap, bilas rambut dengan air dingin sampai bersih.
  3. Apel untuk mengembangkan rambut : Rambut anda terlalu lepek ? Gunakanlah cara ini untuk membuat rambut mengembang. Oleskan campuran air hangat dan cuka apel dengan perbandingan 1:1. Sebelumnya basahi rambut terlebih dahulu. Oleskan campuran air hangat dan cuka apel secara merata. Diamkan selama kurang lebih 5 menit. Cuci dengan air sampai bersih.
  4. Jus lemon untuk rambut kusam : Gunakan jus lemon atau perasan lemon untuk membuat rambut kusam anda menjadi berkilau. Carannya adalah ; Bersihkan rambut dengan keramas, pada bilasan terakhir gunakan jus lemon pada rambut. Cukup pergunakan handuk untuk mengeringkan rambut.
  5. Minyak Almond untuk menguatkan rambut : Minyak almond berkhasiat untuk menguatkan akar rambut. Gunakanlah minyak almond untuk merawat rambut yang kering dan rusak. Caranya sangat sederhana ; Tuangkan minyak almond yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 40 detik kedalam mangkok, kemudian ratakan pada seluruh bagian rambut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, setelah meresap bersihkan rambut secara normal menggunakan shampoo dan kondisioner. Bilas hingga bersih dengan menggunakan air dingin.
  6. Terapi Baking Soda : Terapi baking soda digunakan untuk menghilangkan efek samping dari penggunaan obat-obatan kimian pada shampoo serta produk styling yang anda gunakan pada rambut. Sisa-sisa produk kimia akan membuat rambut tidak bisa menyerap secara maksimal nutrisi yang diberikan. Maka terapi baking soda ini akan mengembalikan rambut menjadi normal dan sehat sehingga dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan. Caranya adalah ; Buatlah campuran air dan baking soda sebanyak tiga sendok makan. Bilaslah rambut anda dengan campuran baking soda setelah keramas. Diamkan sekurangnya 5 menit, setelah itu cuci bersih dengan air.
  7. Madu dan kondisioner agar rambut lembut berkilau : Madu adalah bahan alami yang memiliki berbagai macam kegunaan. Salah satunya adalah untuk membuat rambut lembut berkilau. Campuran madu dan kondisioner berguna menutup kutikula rambut sehingga membuat rambut lembut dan berkilau. Caranya adalah ; Campurkan satu cangkir kondisioner dan dua sampai tiga sendok madu, aduk hingga merata. basahi rambut anda, kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala sampai pada ujung rambut. Diamkan campuran tersebut hingga meresap kira-kira kurang lebih 30 menit, kemudian cuci rambut sampai bersih.
  8. Telur dan Yogurt sebagai kondisioner alami : Campuran telur dan yogurt bisa menjadi kondisiner alami bagi rambut. Bahan alami ini akan membuat kulit kepala dan rambut menjadi lebih sehat. Tanpa adanya bahan kimia pada produk perawatan, anda akan memperkecil kerusakan rambut. Caranya adalah ; Campurkan telur dan yogurt kemudian oleskan pada rambut yang sebelumnya sudah dibasahi. Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit. Cuci hingga bersih.
  9. Madu, minyak zaitun, dan kuning telur untuk kerusakan akibat matahari : Anda sering berada di bawah terik matahari? Hal tersebut akan membuat rambut menjadi rusak dan berwarna kemerahan. Untuk mengembalikan rambut dari kerusakan akibat sinar matahari bisa menggunakan campuran minyak zaitun, madu dan kuning telur. Campuran ini akan membantu merawat rambut dengan mengisi obligasi protein pada keratin rambut. Caranya adalah ; Campurkan setengah cangkir madu, 1-2 sendok makan minyak zaitun dan 1-2 sendoj makan kuning telur. Oleskan campuran ini secara merata pada rambut, diamkan selama kurang lebih 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.
  10. Jaga kebersihan rambut : Jagalah kebersihan rambut! Jika rambut terasa kotor, segeralah cuci dengan air bersih karena seringkali masalah rambut muncul akibat tidak menjaga kebersihannya. Rambut rontok adalah masalah yang disebabkan oleh ketombe dan gatal-gatal pada kulit kepala. Bersihkan rambut minimal dua kali dalam seminggu. Dengan menjaga kebersihannya rambut anda akan sehat dan indah.
  11. Hindari air panas : Biasanya pada cuaca yang dingin, kita akan menggunakan air panas untuk mandi. Namun sebenarnya air panas tidaklah baik untuk rambut. Sebisa mungkin hindari air panas untuk keramas. Air panas hanya akan membuat rambut kering dan rapuh karena air panas menghilangkan minyak pelindung pada rambut. Jika minyak pelindung rambut hilang maka rambut akan mudah rusak. Gunakan air yang sedikit lebih hangat dari suhu tubuh.
  12. Jangan terlalu sering mencuci rambut : Jika terlalu sering mencuci rambut maka akan mengganggu kinerja dari kelenjar minyak pada rambut. Cucilah rambut setiap dua atau tiga hari sekali, untuk membantu kelenjar minyak bekerja secara alami. Dengan adanya minyak rambut alami maka akan mengembalikan kilau alami rambut.
  13. Jangan mengikat rambut terlalu kuat : Mengikat rambut dengan kencang akan membuat rambut mudah rontok. Untuk mencegah kerusakan akibat rambut yang rapuh maka hindari penggunaan ikat rambut atau jangan ikat rambut terlalu erat.
  14. Sisirlah rambut menggunakan cara yang benar : Hindari menggunakan sisir plastik karena gesekan antara sisir plastik dan rambut akan menghasilkan listrik statis. Sisirlah bagian ujung rambut terlebih dahulu baru kemudian sisir kembali dari bagian akar hingga ujung. Cara ini akan membantu penyebaran minyak alami rambut secara tepat.
  15. Potong rambut secara teratur : Potong ujung rambut setidaknya setiap 6 minggu sekali. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan rambut yang kering dan bercabang atau pecah.
  16. Jangan menyisir rambut basah : Rambut yang basah menjadi tiga kali lebih rentan dibanding rambut kering. Jika rambut dalam keadaan basah sebaiknya istirahatkan terlebih dahulu. Disarankan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum disisir.
  17. Jangan gunakan hair dryer (pengering rambut) : Biarkan rambut kering dengan sendirinya. Jangan gunakan hair dryer atau hot rol untuk mengeringkan rambut. Suhu yang panas akan membuat rambut menjadi lebih rapuh.

    Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe secara alami

Demikian Tips cara merawat rambut secara alami agar rambut sehat, lembut dan berkilau. Lakukan perawatan rambut secara berkala untuk mendapatkan  hasil yang maksimal.

One thought on “Tips Cara Merawat Rambut Secara Alami”

  1. terimakasih gan atas info cara merawat rambutnya, sangat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *