PENATA RAMBUT

#

Sruktur Anatomi Bagian-Bagian Rambut Manusia

Setelah kita mempelajari pengertian atau definisi rambut, maka sekarang kita akan mempelajari tentang struktur Anatomi bagian-bagian rambut manusia. Rambut merupakan salah satu bagian tambahan yang terdapat pada kulit manusia. Rambut mempunyai fungsi melindungi bagian tubuh tertentu seperti kulit manusia dan mata manusia. Rambut melindungi kepala dari benturan. Rambut pula melindungi kulit dari panas, dingin, debu dan keringat. Rambut dapat menjaga suhu tubuh agar stabil. Rambut memberikan kehangatan pada kulit dan memberikan keindahan. Rambut terdapat pada semua bagian kulit manusia kecuali telapak tangan ,telapak kaki serta bibir. Semua rambut berasal dari lapisan kulit, oleh Karena itu rambut akan tumbuh di setiap bagian kulit termasuk juga rambut akan tumbuh di bagian kulit kepala.

Rambut yang tumbuh pada kulit manusia mempunyai dua bagian. Bagian tersebut menurut dimana letaknya. Rambut yang tumbuh pada kulit manusia ada yang terletak di bagian dalam kulit dan ada yang berada di bagian luar kulit. Bagian rambut yang berada dalam kulit disebut dengan akar rambut sedangkan bagian rambut yang berada di luar kulit disebut batang rambut.

Struktur anatomi rambut 1

Untuk mengetahui struktur atau bagian-bagian rambut maka para ahli melakukan penelitian dengan mengiris secara melintang bagian kulit, berikut ini adalah gambar penampang kulit di mana kita dapat melihat dengan jelas dan lengkap bagian-bagian atau struktur dari rambut.

Penampang kulit rambut manusia

Struktur anatomi rambut 2

Keterangan gambar

  1. Hair Papila (Papila Rambut)
  2. Hair Bulb (Bulb Rambut)
  3. Hair follicle (folikel rambut)
  4. Sebaceocus Gland (kelenjar minyak)
  5. Arrector Pili Muscle (Otot Penegak rambut)
  6. Dermis (lapisan Dalam Kulit)
  7. Epidermis (lapisan Luar Kulit)
  8. Hair Shaft (Batang Rambut)

baca juga : siklus pertumbuhan rambut

Secara lebih lengkap akan saya jelaskan bagian-bagian rambut pada manusia

loading...

#1. Bagian Akar Rambut

  • Papilla Rambut : Papilla rambut adalah bagian rambut tempat dihasilkannya sel–sel tunas rambut dan pigmen melanin yang memberikan warna. Papilla rambut juga berfungsi sebagai penerima nutrisi dari folikel untuk menunjang pertumbuhan rambut. Pada Saat sel baru muncul, keratin akan dihasilkan untuk mengeraskan struktur rambut, kemudian rambut terus tumbuh sehingga menembus folikel (kantong) rambut dan muncul ke permukaan sebagai batang rambut. Papilla rambut terletak pada bagian bawah folikel (kantong) rambut.
  • Bulp Rambut : Bulp Rambut adalah bagian pangkal rambut yang membesar, seperti bentuk bola, gunanya untuk melindungi papilla rambut.
  • Folikel Rambut : Folikel rambut adalah bagian rambut yang bentuknya menyerupai kantong, dan berfungsi untuk melindungi tunas rambut yang tumbuh. Folikel Rambut merupakan saluran yang menentukan besar, kecil, lurus atau keritingnya rambut. Satu Folikel rambut hanya bertanggung jawab untuk satu helai rambut saja.
  • Kelenjar Minyak : Kelenjar minyak adalah kelenjar mikroskopik yang berada tepat di bawah kulit yang mengeluarkan minyak yang disebut sebum. Kelenjar minyak pada tikus yang mengeluarkan minyak adalah kelenjar prepusial yang juga memproduksi hormon feromon. Berlawanan dengan apa yang dikhayalkan evolusionis, kelenjar minyak bukan tak berfungsi dan berlebih, bahkan  jaringan yang sangat penting bagi tubuh. Sebagaimana kita ketahui, kelenjar keringat ditemukan bersama dengan kelenjar minyak di kulit. Keringat melembabkan kulit. Namun, tanpa campuran apapun, keringat cepat menguap, mengakibatkan pengeringan kulit yang lebih parah. Untuk mencegahnya, zat lain dibutuhkan. Karena minyak menyebabkan air dapat dipertahankan di kulit. Dengan cara ini, kelenjar keringat dan minyak bekerja sama melembabkan kulit. Karena itu kedua kelenjar ini harus ada bersamaan agar kulit tetap halus dan elastis. Fungsi kelenjar minyak, yang mengeluarkan pelumas dan lemak lainnya, penting bagi kesehatan kulit kita. Sebagaimana kita lihat, kelenjar minyak, sebagaimana jaringan lainnya, memiliki peran tersendiri: mencegah kulit kita kering. Kelenjar minyak ditempatkan bersama kelenjar keringat untuk tujuan ini. Pada kenyataannya, kelenjar-kelenjar ini tidak berbahaya, dan bahkan memiliki kegunaan yang penting.
  • Otot penegak rambut : Otot penegak rambut adalah serabut-serabut otot yang berfungsi menegakkan rambut.
  • Matrik Rambut : Matrik Rambut disebut juga dengan umbi/tombol atau lembaga rambut. Seperti dijelaskan di depan, bahwa di dalam folikel terdapat rambut. Bagian yang berdekatan dengan papilla lebih subur daripada bagian yang lebih jauh di atasnya. Bagian yang subur itulah yang disebut matrix atau umbi/tombol atau lembaga rambut. Mengapa pada bagian itu lebih subur ? Ini disebabkan karena kelompok sel yang terdapat di bagian itu selalu membelah diri, membentuk bagian rambut baru. Diantara sel-sel umbi juga terdapat sel-sel melanosit. Bagian paling dalam atau tengah umbi rambut, sel-selnya berwarna keputih-putihan dan masih lembek (masih muda). Sel-sel ini masih mengandung parakeratin (sel rambut yang warnanya sudah lebih mantap, sudah keras, mengandung keratin). Parakeratin adalah zat pendahulu keratin. Sel-sel rambut yang masih muda ini terdorong ke atas oleh sel-sel yang terjadi kemudian. Makin ke atas makin mengalami proses keratinisasi penandukan.

#2. Bagian Batang Rambut

Batang rambut sendiri memiliki 3 bagian jika dibelah yaitu Kultikula, kortek dan medulla

  • Kultikula : kultikula adalah bagian terluar dari batang rambut. Kultikula tersusun atas sel-sel tanduk yang pipih, bening atau transparan dan tersusun dari bagian bawah penutup atasnya. Karena kultikula tembus cahaya atau transparan, maka kita dapat melihat warna dari rambut. Kultikula berfungsi untuk melindungi bagian dalam rambut, namun kultikula juga dapat rusak.
  • Kortek : Kortek adalah lapisan tengah batang rambut yang terletak antara lapisan Kutikula dan Medulla. Kulit Rambut (Korteks) terbentuk dari kombinasi mikrofilamen, yaitu benang–benang yang sangat halus yaitu fibril. Fibril pada korteks memuat pigmen melanin yang akan memberikan warna pada rambut tersebut. Pada bagian Korteks juga terdapat Keratin dalam bentuk spiral bersifat elastis yang akan memanjang saat ditarik dan kembali memendek saat dilepaskan. Pada tempat tertentu pada bagian spiral ini terjadi hubungan antara ikatan hidrogen dengan sulfida yang akan membuat rambut elastis, kuat, dan memberikan bentuk keriting atau lurus pada rambut.
  • Medulla : medulla atau sumsum rambut adalah lapisan terdalam dari rambut yang biasa disebut inti rambut. Medula dibentuk oleh zat tanduk yang berwujud seperti anyaman dengan rongga–rongga berisikan udara. Pada rambut lurus, penampang melintangnya berbentuk lonjong atau melingkar dan menebal di satu sisi. Sedangan pada Rambut Keriting, penampang melintangnya tidak menentu dan tidak beraturan (kadang berbentuk seperti ginjal).

baca juga : pengertian rambut

Bentuk-bentuk rambut dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  1. Rambut Lurus, tidak bergelombang dan tidak keriting. Biasanya rambut yang lurus dapat memberikan beberapa kemudahan kepada si pemakai misalnya dalam hal tatanan rambut, baik yang dipotong maupun yang disanggul. Mengapa demikian? Karena rambut lurus ini mempunyai folikel yang lurus dan penampangnya bulat
  2. Rambut Berombak yaitu memperlihatkan gelembung yang besar pada rambut. Hal ini disebabkan karena folikelnya melengkung dan penampangnya lonjong/oval. Rambut ini juga termasuk mudah dalam hal penataan, baik yang disanggul atau disasak maupun yang dipotong pendek
  3. Rambut Keriting, biasanya rambut yang keriting berbentuk gelombang kecil-kecil atau sedang. hal ini dikarenakan folikelnya amat melengkung sedangkan penampangnya gepeng.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang struktur Anatomi bagian-bagian rambut manusia. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *