PENATA RAMBUT

#

Siklus Pertumbuhan Rambut Pada Manusia

siklus pertumbuhan rambut manusia
siklus rambut

Untuk para ibu-ibu muda tentunya tahu saat seorang bayi lahir ke dunia maka tubuhnya sudah dipenuhi rambut? Kapankah pertama kali rambut tumbuh? Apakah dalam kandungan janin sudah memiliki rambut? Tepatnya kapan pertumbuhan rambut pada janin?

Siklus pertumbuhan rambut pada manusia dimulai saat manusia masih menjadi janin dalam kandungan. Siklus pertumbuhan rambut dimulai dari janin yang berumur atau berusia empat bulan dalam kandungan. Pada usia empat bulan dalam kandungan ini bibit rambut telah ada dan menyebar ke seluruh bagian kulit atau pada permukaan kulit janin. Namun pada janin usia di akhir enam bulan sampai usia janin di awal tujuh dalam kandungan, rambut pertama sudah mulai tumbuh pada permukaan kulit janin. Rambut yang pertama kali tumbuh pada permukaan kulit janin ini berupa rambut lanugo, atau rambut khusus bayi atau janin dalam kandungan.

Saat menjelang bayi lahir atau tidak lama sesudah bayi lahir, rambut lanugo ini akan rontok dan akan diganti dengan rambut terminal. Itulah sebabnya mengapa rambut bayi yang baru lahir akan tetap rontok walau tanpa dicukur sekalipun. Pada saat bayi lahir rambut yang dimiliki bayi juga berbeda-beda. Ada yang hanya berambut halus dan ada juga yang berambut tebal dan agak panjang, bahkan kadang-kadang ada bayi yang memiliki panjang rambut mencapai 2-3 cm. Kecepatan pertumbuhan rambut pada janin bisa mencapai sekitar 1/3 milimeter setiap harinya, atau bisa mencapai sekitar satu cm setiap bulannya.

Dengan demikian kalau seorang bayi yang baru lahir memiliki panjang rambut sekitar dua cm, itu berarti bahwa pada saat janin berusia tujuh bulan dalam kandungan rambut lanugo sudah diganti dengan rambut terminal atau rambut dewasa. Jadi tidak semua rambut bayi yang baru lahir merupakan rambut lanugo.

Rambut manusia tidak mengalami pertumbuhan secara terus menerus. Pada waktu-waktu tertentu pertumbuhan rambut akan terhenti dan kemudian mengalami istirahat. Setelah mengalami istirahat sebentar maka rambut akan rontok secara alami. Rambut yang mengalami kerontokan akan rontok sampai ke bagian umbi rambutnya. Sementara itu papilla rambut yang tertinggal sudah memiliki atau membuat persiapan rambut baru untuk menggantikan rambut yang rontok.

baca juga : pengertian rambut lengkap

Pertumbuhan rambut manusia mengalami siklus yang perlu kita ketahui. Tahapan-tahapan agar kita menyadari betapa berharganya upaya atau usaha untuk menjaga kesehatan rambut. Pada saat kita menyisir rambut dengan sisir, sering kita jumpai beberapa helai rambut yang terlihat menempel pada sisir rambut. Kondisi ini mungkin anda anggap normal, namun hal tersebut tergantung pada berapa jumlah rambut yang rontok! Bagaimana jika jumlah  rambut kepala yang rontok secara terus menerus dan bertambah dari waktu ke waktu?

Biasanya masalah yang mengalami kerontokan akan dikaitkan dengan masalah rambut. Kerontokan rambut yang parah dan efeknya akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Perlu Anda ketahui, rambut memiliki tahap siklus pertumbuhan rambut normal. Bahkan pada saat rambut mengalami pertumbuhan rambut per hari, Anda akan tetap mengalami kehilangan sejumlah rambut setiap harinya.

Menurut American Hair Loss Association, kondisi rambut rontok masih berada dalam keadaan rambut normal jika kerontokan rambut berada dalam rentang 25 hingga 100 helai rambut per hari. Pada kulit kepala manusia rata-rata memiliki 100 ribu helai rambut, dan masing-masing helai rambut akan mengalami tahap siklus pertumbuhan rambut tiap bulannya. Pertumbuhan rambut tiap bulannya sekitar ½ inci dan setiap helainya akan memiliki siklus usia hidup sekitar 4,5 tahun.  Pada saat rambut menginjak tahun kelima, maka rambut akan masuk ke siklus kerontokan dengan sendirinya atau alami. Setelah mengalami proses kerontokan maka siklus akan terus berjalan sehingga rambut yang rontok tersebut akan digantikan oleh rambut baru dalam kurun waktu setengah tahun berikutnya. Dalam kasus tertentu, ada beberapa manusia yang rambutnya mampu bertahan hidup dalam jangka waktu sekitar 6 tahun. Untuk lebih jelasnya kita akan mempelajari tahap siklus pertumbuhan rambut sebagai berikut

loading...

Siklus Pertumbuhan Rambut Manusia

Menurut penelitian ilmiah dari American Hair Loss Association, tahap siklus pertumbuhan rambut manusia normal dan kondisi rambut rontok terjadi pada tiga fase yang berbeda yaitu fase anagen, fase catagen dan fase telogen.

siklus pertumbuhan rambut manusia
siklus pertumbuhan rambut

#1. Siklus Pertumbuhan Rambut- Anagen ( Fase Pertumbuhan Aktif)

Siklus pertumbuhan rambut tahap awal atau yang disebut fase anagen ini rambut akan tumbuh aktif. Rambut mempunyai kecepatan yang tinggi untuk melakukan proses pembelahan sehingga rambut terlihat cepat panjang. Pada fase anagen ini rambut dengan aktif memproduksi materi untuk rambut-rambut baru. Rambut yang baru akan memiliki pori-pori yang disebut folikel  rambut, Folikel rambut akan membantu mendorong rambut lama untuk keluar. Rambut yang didorong adalah rambut yang sudah berada pada akhir siklus pertumbuhan rambut. Hal tersebut menyebabkan rambut menjadi mudah rontok. Hampir 90 persen rambut yang berada dalam siklus pertumbuhan rambut anagen berada dalam keadaan sehat. Fase pertumbuhan rambut anagen ini berusia antara 2 sampai 5 tahun pada manusia normal.

baca juga : Struktur anatomi bagian rambut

#2. Siklus Pertumbuhan Rambut- Catagen ( Fase Pertumbuhan Transisi)

Tahap siklus pertumbuhan rambut manusia berikutnya adalah siklus catagen. Pada fase ini umumnya ada kurang lebih sejumlah 3 persen dari total jumlah rambut anda yang mengalami fase transisi (fase catagen). Pada siklus Fase pertumbuhan catagen ini  berlangsung selama dua sampai tiga minggu, rambut manusia akan berhenti tumbuh dan berhenti mengalami pembelahan sel. Pada fase ini rambut manusia juga mengalami penyusutan akar rambut. Pada akhir fase transisi ini, rambut Anda mulai terlihat tonjolan pada titik-titik di kulit kepala

#3. Siklus Pertumbuhan Rambut-Telogen (Fase Istirahat /Kerontokan )

Tahap berikutnya dari siklus rambut yaitu tahap siklus pertumbuhan rambut bagian akhir yang disebut telogen. Pada rentang waktu tertentu, kurang lebih sejumlah 6-8 persen dari total keseluruhan rambut anda akan berada dalam tahap akhir siklus hidup yang disebut telogen. Selama fase akhir dari tahap siklus pertumbuhan rambut yang berlangsung selama kurang lebih 100 hari ini, pertumbuhan rambut manusia per hari akan berhenti total. Dan pada akhirnya rambut manusia akan mengalami kerontokan alami. Rambut yang berada dalam fase pertumbuhan telogen ini akan didorong oleh folikel rambut dan kemudian akan digantikan oleh rambut baru.

Siklus pertumbuhan rambut pada manusia akan terus menerus berulang sampai akhir hidup manusia. Jika beberapa dari anda mengalami perbedaan yang signifikan dalam siklus pertumbuhan rambut atau memiliki kerontokan rambut yang melebihi batas normal kerontokan setiap harinya dengan orang lain, hal tersebut mungkin memiliki penyebab lain seperti faktor genetik, stress, kelelahan baik secara fisik maupun emosional, tubuh dan rambut kekurangan protein, penyakit tiroid, ataupun efek samping dari kebiasaan buruk anda seperti meluruskan rambut atau mewarnai rambut. Segera ketahui penyebabnya dan segeralah temukan cara penyembuhannya karena rambut adalah mahkota kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *