PENATA RAMBUT

#

Cara Merawat Rambut Bayi Baru Lahir agar Hitam dan Lebat

Tidak semua bayi yang baru lahir mempunyai rambut yang lebat dan juga bagus. Sebagian bayi yang baru lahir ada yang hanya memiliki rambut tipis atau bahkan ada yang tidak mempunyai rambut sama sekali. Bagi Bunda yang memiliki buah hati dengan rambut yang tipis mungkin akan merasa cemas dan khawatir. Namun Bunda tidak perlu khawatir secara berlebihan. Karena kami akan berbagi artikel mengenai Cara Merawat Rambut Bayi Baru Lahir agar Tumbuh Lebat.

cara merawat rambut bayi agar hitam lebat
Rambut Bayi

Rambut bayi yang baru lahir hanya akan bertahan 3 hingga 4 bulan. Rambut tersebut kemudian akan rontok dan akan digantikan dengan rambut baru. Hal tersebut sesuai dengan siklus rambut. Sesudah mengalami kerontokan, barulah rambut bayi akan tumbuh lebih tebal dan lebat. Namun jika rambut bayi kembali tumbuh tipis maka jangan khawatir, karena ada beberapa Cara Merawat Rambut bayi baru Lahir agar tumbuh lebat.

Cara Merawat Rambut Bayi yang Baru Lahir

Berikut ini adalah cara merawat rambut bayi yang baru lahir dengan tepat:

  1. Perhatikan asupan gizi pada Bunda : Hal yang pertama harus diperhatikan adalah asupan gizi pada anak. Namun karena bayi yang baru lahir mendapat asupan gizi dari ASI, maka Bunda harus memperhatikan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi. Untuk mendapatkan rambut yang lebat pada bayi bunda harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, asam lemak Omega 3, zat besi, Vitamin, serta serat. Faktor makanan atau asupan gizi akan sangat berpengaruh pada kesuburan rambut bayi.
  2. Potong atau Cukur Rambut Bayi : Potonglah atau cukur rambut bayi yang baru lahir, Karena memotong rambut yang baru lahir akan membantu siklus alami pertumbuhan rambut. Untuk mencukur biasanya dilakukan setelah bayi berusia 30-40 hari. Selain itu Mencukur rambut bayi yang baru lahir membantu untuk membersihkan kulit kepala bayi dari kotoran yang menempel selama proses melahirkan.
  3. Bersihkan rambut bayi dengan air hangat : Gunakan air hangat untuk membersihkan kulit kepala bayi yang baru lahir hal ini berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi. Gunakan pula shampo khusus untuk bayi sambil diusap perlahan. Jangan terlalu keras karena tulang kepala pada bayi masih belum terbentuk sempurna.
  4. Keramas 2-3 kali per minggu : cara merawat selanjutnya adalah dengan mengeramasi bayi 2-3 kali setiap minggu. Usahakan hindari mengeramasi bayi setiap hari untuk membantu membentuk minyak alami rambut.
  5. Gunakanlah sisir dengan gigi yang jarang dan ujung yang lembut. menggunakan sisir yang tepat bertujuan menghindari rasa sakit saat disisir.
  6. Berikan Nutrisi  alami pada rambut satu minggu sekali : Berikan Nutrisi rambut yang berasal dari luar pada rambut seminggu sekali sehingga rambut akan tumbuh lebat dan sehat.

Itulah cara untuk merawat rambut bayi yang tepat. Untuk membuat rambut bayi tumbuh lebat ada berbagai macam nutrisi alami rambut yang dipercaya membuat rambut bayi menjadi lebih lebat. Berikan nutrisi alami pada rambut minimal seminggu sekali.

baca juga : masker alami rambut

loading...

Cara Merawat Rambut Bayi agar Hitam dan Lebat

  1. Gunakan Kemiri : Kemiri bisa digunakan untuk merawat rambut bayi agar hitam dan lebat. Caranya ; Siapkan beberapa butir kemiri, kemudian sangrai (goreng tanpa minyak) biji kemiri tersebut. Minyak alami pada biji kemiri akan keluar. Tumbuk biji kemiri yang sudah disangrai tadi, Usapkan atau oleskan pada kepala bayi yang baru dicukur secara merata. Lakukan pijatan ringan. Diamkan selama beberapa menit agar minyak kemiri meresap dan menutrisi kulit kepala. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan dengan teratur.
  2. Gunakan minyak Zaitun : Selain minyak kemiri, minyak alami lain yang dapat membuat rambut menjadi hitam dan lebat adalah minyak zaitun. Minyak ini banyak digunakan sebagai penyubur dan perawatan rambut. Caranya ; Usapkan minyak zaitun pada kulit kepala bayi, lakukan pijatan. Kemudian diamkan selama 20-30 menit. setelah itu bilas hingga bersih.
  3. Gunakan Kacang Hijau : kacang hijau merupakan makanan penghasil protein yang sangat baik bagi tubuh. Karena pertumbuhan rambut sangat memerlukan protein, maka dengan mengonsumsi sari kacang hijau akan melebatkan dan menghitamkan rambut bayi. Jika bayi masih mengonsumsi Asi Ekslusif maka berikan sari kacang hijau pada ibunya. Namun jika bayi sudah menggunakan MPASI maka berikan sari kacang hijau sebagai minuman pendamping ASI.
  4. Gunakan Madu : Madu kaya akan kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Madu bisa membantu agar tetap sehat dengan menjaga kekebalan tubuh jika diminum. Madu juga bisa digunakan untuk merawat rambut agar hitam dan lebat. caranya ; Oleskan madu pada kulit kepala bayi, kemudian diamkan kelama kurang lebih 15 menit. Bilas hingga bersih dengan shampo agar rasa lengket hilang.
  5. Gunakan Daun mangkokan : Daun mangkokan biasanya digunakan untuk lalapan atau sayuran. Daun mangkokan juga dipercaya dapat menumbuhkan dan menebalkan rambut pada bayi. daun mangkokan memiliki sifat herbal untuk merawat rambut bayi agar hitam dan lebat. Caranya ; Ambil 10-15 lembar daun mangkokan lalu cuci hingga bersih. Potonglah daun mangkokan lalu tumbuk hingga halus, beri sedikit air agar mudah ditumbuk. Gunakan tumbukan daun mangkokan tadi untuk melakukan pijatan pada kulit kepala untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi. Diamkan selama sekitar 10 menit, kemudian bilas hingga bersih dengan shampo. Gunakan ramuan ini secara teratur agar rambut anak menjadi lebat dan hitam.
  6. Gunakan Seledri : Seledri ini dipercaya untuk perawatan rambut agar tumbuh subur. Caranya ; haluskan seledri dengan cara menumbuk atau memblendernya. Setelah itu oleskan ramuan tadi pada kulit kepala bayi. diamkan selama 5 menit. lalu bilas hingga bersih. Perawatan rambut bayi bisa dilakukan 2 kali sehari saat memandikan.
  7. Gunakan Lidah Buaya : Lidah buaya sudah tak asing lagi digunakan untuk merawat rambut. Lidah buaya dipakai karena dapat membuat rambut menjadi hitam berkilau. Caranya ; Ambil bagian dalam dari lidah buaya yang berbentuk gel, kemudian oleskan pada kulit kepala bayi. Lakukan pijatan ringan, kemudian diamkan hingga meresap, lalu bilas dengan shampo dan air bersih. Cara ini cukup efektif untuk merawat rambut bayi agar lebat dan hitam.
  8. Gunakan Air Kelapa : Air kelapa memiliki berbagai manfaat. Kandungan antioksidan pada air kelapa mampu menjadikan tubuh lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit. Air kelapa ternyata juga mempunyai khasiat untuk merawat rambut. Air kelapa bisa merawat rambut bayi agar tumbuh lebat dan hitam. Caranya ; Gunakan air kelapa untuk mencuci rambut bayi, Diamkan selama 5 menit kemudian bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan secara rutin pada pagi dan sore hari.
  9. Gunakan Telur : Untuk merawat rambut pada bayi agar lebat dan hitam maka dapat menggunakan kuning telur. Kuning telur bisa menutrisi pertumbuhan rambut bayi karena mengandung protein yang tinggi. Caranya ; Oleskan kuning telur pada kulit kepala bayi, diamkan 5 menit kemudian bilas dengan menggunakan shampo.

baca juga : rambut kepang untuk anak perempuan

Bagaimana Bunda, Mudah bukan? Sudah menentukan salah satu cara merawat rambut bayi baru lahir agar lebat dan hitam. Selamat Mempraktekan. Lets Action

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *